Kabupaten Demak – Lagi, dan kembali Fahrudin Bisri Slamet yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Kab. Demak buktikan keberpihakan penuhnya untuk masyarakat di Kab. Demak, terkhusus mereka yang saat ini menderita karena bencana Rob Sayung yang tiada henti melanda kawasan itu.

Oleh karena itu, pada Rabu (10/3/2021), Slamet didampingi Kepala Dinas PUPR Kab. Demak, Kepala Desa Bedono, Kepala Desa Sriwulan, dan tokoh masyarakat di Kec. Sayung meninjau langsung lokasi yang rencananya akan dibangun Tanggul Rob.

Proses pemilihan lokasi ini pun tidak begitu saja dilepas oleh Slamet, hal ini dibuktikan dengan kehadirannya pada setiap proses pengadaan fasilitas ini. Baginya, derita masyarakat adalah luka diri yang harus secepatnya diobati, agar tidak menjalar ke organ tubuh lainnya.

“Mengingat anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit, saya berharap anggaran yang dialokasikan Pemda Demak itu hanya sebagai stimulan dan sisanya dari Pemerintah Pusat,” jelas Slamet.

Meski demikian, sosok yang juga menjabat Ketua DPC PDI Perjuangan Kab. Demak itu menegaskan akan selalu mengawal proses ini dengan maksimal. Pasalnya bencana ini sudah begitu berlarut dan membutuhkan penanganan sigap yang cepat dan tepat.

“Bencana Rob di Kec. Sayung sudah terjadi semenjak 10 tahun terakhir, maka harus menjadi prioritas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi serta kabupaten. Hal ini karena Kec. Sayung adalah salah satu kecamatan yang dilalui oleh Jalan Pantura. Jalan Pantura ini merupakan jalan strategis yang berperan besar dalam Perekonomian Nasional,” tegasnya.

Slamet berpikir jauh kedepan, jika hal ini tidak diatasi dengan serius, dirinya mengkhawatirkan Kec. Sayung akan tenggelam karena dari tahun ke tahun peninggian mencapai 10-15 cm.