Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima suntik vaksinasi Sinovac Covid-19. Jokowi menjadi orang pertama yang menerima vaksin Covid-19 di Indonesia yang dilakukan di Istana Merdeka, Rabu (13/01/2021).

Dalam siaran langsung di akun YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi menerima vaksinasi perdana bersama dengan beberapa perwakilan lapisan masyarakat. Antara lain tenaga pendidikan, tenaga kesehatan, pedagang pasar, pelaku usaha hingga tokoh agama.

Sebelum disuntik, Jokowi  melakukan tes tekanan darah dan ditanya ada atau tidak gelaja yang dirasakan. Setelah itu proses penyuntikan dilakukan dimeja ketiga. Tak lama kemudian, Jokowi menerima suntikan vaksinasi yang dilakukan oleh Prof Dr. Abdul Muthalib, Wakil Ketua Dokter Kepresidenan.

“Nggak terasa sama sekali” kata Jokowi saat ditanya oleh dokter tentang apa yang dirasakan setelah menerima vaksin.

Jokowi mengakatan vaksin Sinovac Covid-19 perdana di Indonesia dilakukan setelah mendapatkan izin penggunaan dari Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) dan setelah fatwa halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) keluar. Jokowi juga mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang membantu memperlancar dilakukannya vaksinasi Covid-19 di Indonesia.

Sebagai informasi berdasarkan data Satgas penanganan Covid-19 terdapat total 846.765 kasus positif Covid-19. Dari angka tersebut 695.807 pasien sembuh dan 24.645 pasien meninggal dunia.