Jakarta – Mantan Walikota Surabaya, Tri Rismaharini telah resmi jadi Menteri Sosial setelah dilantik Presiden RI Joko Widodo, menggantikan Juliari Batubara, Rabu (23/12/2020).

Mantan Walikota Surabaya itu mengatakan, akan memperbaiki sistem penyaluran Bantuan Sosial (Bansos) pandemi covid-19. Nantinya seluruh penyalurannya akan menggunakan sistem informasi elektronik dan tidak ada lagi penyalurannya secara tunai.

Selain itu, di kepemimpinannya nanti semua akan menggunakan teknologi elektronik sehingga semuanya bisa transparan, termasuk penyaluran bantuan sosial.

“Kita tidak akan ada bantuan kas, jadi bantuan langsung kita akan hapus semua transaksi online, jadi tidak perlu ketemu dengan siapapun dan uang itu akan dikelola dengan transparan. Kami menggunakan teknologi informasi jadi dapat dilihat oleh siapapun” ujar Risma.

Dijelaskan, alasannya merubah metode penyaluran bantuan sosial ini adalah untuk perbaikan data bisa dilakukan secara cepat dan seefektif mungkin.

“Sehingga perbaikan data bisa segera kami lakukan. Dengan demikian efektivitas akan segera tercapai. Saya kira demikian,” jelas Risma.

Namun Risma memandang, semua itu bisa lebih cepat bila daerah juga bisa cepat melakukan perbaruan data.

“Makanya kita kebut, sebetulnya dengan program dengan elektronik kita akseskan dengan kependudukan itu mereka akte kematian, data kematian. Data itu bisa sinkron. Seringkali mereka pindah kalau bisa updating data di daerah lebih cepat maka kami bisa lebih cepat,” katanya.